Daun tapak dara untuk obat kanker payudara

Daun tapak dara
Daun tapak dara untuk obat kanker payudara. Sebenarnya, tapak dara adalah tanaman liar yang tumbuh sampai 1 meter. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Catharanthus roseus L, batangnya bercabang dan tegak, bunganya majemuk yang muncul pada ketiak daun berwarna putih dan merah keunguan. Sedangkan untuk daunnya berbentuk oval berwarna hijau tua. Karena jumlahnya banyak, daunnya akan membuat terlihat rimbun.

Tanaman ini juga memiliki buah yang memiliki biji bunga berwarna hitam. Berasal dari kawasan Amerika Tengah, tanaman ini bisa tumbuh 800 mil diatas permukaan laut. Untuk membudidayakannya dapat dilakukan dengan menanam biji, setek, dan peremajaan dengan cara memangkas cabang untuk tanaman yang tua.

Kandungan tapak dara cukup banyak, diantaranya adanya 70 jenis alkaloid, salah satunya adalah 28 bi-indole alkalaoid, alkaloid penurun gula darah, dan alkaloid anti kangker. Alkaloid tersebut dapat diperoleh dari daun, biji, dan akarnya.


Sementara tapak dara (Catharanthus roseus) telah teruji sebagai bahan pencegah dan penumpas sel kanker. Tanaman yang masih termasuk keluarga Apocynaceae atau kamboja-kambojaan ini mengandung dua senyawa golongan alkaloid vinka yakni vinkristin dan vinblastin yang berkhasiat menghambat perbanyakan dan penyebaran sel kanker.

Vinkristin digunakan sebagai bahan pengobatan kanker bronkial, tumor ganas pada ginjal, kanker payudara, dan berbagai jenis tumor ganas yang awalnya menyerang urat saraf maupun otot. Tanaman yang di Sumatera disebut rumput jalang itu juga mengandung alkaloid cabtharanthin yang diperkirakan dapat mendesak dan melarutkan inti sel kanker.

RAMUAN :

rebus 22 lembar daun tapak dara dan buah adas (Foeniculum vulgare) serta kulit kayu pulasari (Alyxia reinwardti) dengan tiga gelas air. Bubuhi gula merah secukupnya. Setelah mendidih sampai tinggal setengahnya, saring. Ramuan diminum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas. Pengobatan dilakukan paling tidak selama sebulan.


Inilah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari daun tapak dara untuk kesehatan serta mengobati penyakit beserta cara mengolahnya.

1. Luka Bakar

Untuk mengobati luka bakar, silahkan siapkan beberapa helai daun kemudian di cuci sampai bersih. Tumbuklah daun tersebut dengan beras sampai menjadi seperti bubur. Setelah itu tinggal tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.

2. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Jika ingin mengatasi tekanan darah tinggi, dapat merebus 20 gram daun yang kering, ditambah 10 gram bunga krisan menggunakan 3 gelas air sampai mendidih. Sesudah itu disaring dan diminum sehari sekali.

3. Kencing Manis (Diabetes Mellitus)

Untuk mengobati diabetes mellitus alias kencing manis, Anda dapat merebus `15 lembar daun yang dicampur 3 gelas sampai tersisa segelas saja. Sesudah itu dinginkan dan diminum.

4. Leukimia

 http://www.solusiwanita.web.id/Rebuslah 20 gram daun tap dara dan juga adas pulawaras memakai 1 liter air lalu disaring. Anda bisa menggunakan ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari.

5. Demam

Rebuslah segenggam daun, 3 potong akar dan batang tapak dara menggunakan 4 gelas air hingga Cuma tersisa 2 gelas. Tambahkan juga gula kelapa, setelah itu dapat diminum 2 kali sehari.

6. Disentri dan Radang Perut

Rebuslah 30 gram daun menggunakan 3 gelas air. Setelah itu minum 2 kali sehari dicampur gula kelapa.

2 Komentar untuk "Daun tapak dara untuk obat kanker payudara"

Teima kasih untuk semuanya karena lewat obat obat tradisional dapat membantu saya untuk penyembuhan penyakit saya

Teima kasih untuk semuanya karena lewat obat obat tradisional terutama tanaman tapak dara dapat membantu saya untuk penyembuhan penyakit saya

Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat

- Jadilah anda orang pertama yang mengisi kotak komentar
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content

Back To Top